Selasa, 08 April 2008

TAHAP-TAHAP LATIHAN PRESENTER





Presenter yang baik tidak sekedar mampu "ceriwis" saja melainkan perlu melatih kemampuan yang mendukung. Kemampuan yang dilatih, biasanya berkaitan dengan pernapasan, berbicara, membuat persiapan dan ekspresi.


Pernapasan perlu dilatih supaya napas lebih panjang pada saat berbicara. Pernapasan yang digunakan oleh presenter adalah pernapasan perut (sama seperti ketika bernyanyi). Cara latihan pernapasan perut: tarik napas dari hidung, tahan sebentar kemudian dihembuskan melalui mulut secara perlahan-lahan. Kita sudah benar melakukan pernapasan perut jika pada saat bernapas perut akan menggembung, pundak dan dada tidak terangkat. Setelah kita sudah benar melakukan pernapasan perut, cobalah menggunakan stop watch/ jam untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan menghembuskan satu tarikan napas (semakin lama semakin baik).




Latihan yang kedua adalah berbicara. Kemampuan berbicara bagi presenter sangat penting. Latihan berbicara bertujuan untuk mengembangkan penggunaan kosakata dan berfikir cepat. Salah satu cara latihan berbicara yaitu dengan bercerita selama satu menit. Pada mulanya, calon presenter dapat bercerita tentang pengalaman pribadi dan peristiwa yang menyenangkannya. Setelah lancar bercerita pengalaman pribadi, kembangkan dengan tema tertentu. Biasanya ketika latihan berbicara tersisip " e..e..e.. ", itu menunjukkan calon presenter kehilangan kata selanjutnya. Salah satu solusinya dengan memperlambat ucapan dan memberikan penekanan pada kata terakhir.
Terus latihan berbicara sampai tidak mucul "e..e..e..". Ketika sudah "oke" berbicara, kembangkan dengan intonasi suara yang baik dan vokal yang jelas.

Tahap-tahap berikutnya, tunggu di posting selanjutnya...

1 komentar:

. mengatakan...

kalo buat yg bahanny ttg musik itu baikny persiapanny gmn ya?? trima kasih...